Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas, Risiko Pasar, dan Risiko Operasional terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Perbankan

  • Shella Tehresia Fakultas Ekonomi Universitas Prima Medan Sumatera Utara, Indonesia
  • Mesrawati Mesrawati Universitas Prima Medan Sumatera Utara
  • Meiliana Dewi Fakultas Ekonomi Universitas Prima Medan Sumatera Utara, Indonesia
  • Elisabeth Yohanes Wijaya Fakultas Ekonomi Universitas Prima Medan Sumatera Utara, Indonesia
  • Cindy Billyandi Fakultas Ekonomi Universitas Prima Medan Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas, Risiko Pasar, dan Risiko Operasional Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. Data yang digunakan bersumber dari data keuangan di Bursa Efek Indonesia melalui situs www.idx.co.id. Dan telah dilakukan seleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Perbankan yang berjumlah 45 perusahaan, dengan menggunakan purposive sampling maka sampel yang didapatkan sebanyak 27 perusahaan. Dengan penelitian ini, diharapkan agar dapat menjadi suatu ilmu pengetahuan untuk membantu para peneliti selanjutnya dan juga para mahasiswa atau masyarakat umum yang membutuhkan suatu sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel risiko kredit (NPL), risiko likuiditas (LDR), risiko pasar (NIM) dan risiko operasional (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Pemilihan sektor Perbankan pada penelitian ini dikarenakan saham tersebut merupakan saham-saham yang paling banyak diminati saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
TEHRESIA, Shella et al. Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas, Risiko Pasar, dan Risiko Operasional terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Perbankan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4717-4730, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4157>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4157.