Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Google Meet

  • Galih Mustikaningrum FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Widiyanto Widiyanto FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Nani Medianti FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi merebaknya kasus Covid-19 yang penyebarannya mulai mengkawatirkan. Kondisi ini memaksa guru harus menyiapkan pembelajaran secara online. Pembelajaran yang paling sederhana dilakukan guru melalui Whatsapp group dengan orang tua murid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil yang didapatkan dari penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan kualitatif. Hsil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Google Meet dapat membantu guru dalam menyampaikan materi maupun memberikan tugas dan bimbingan kepada siswa sehingga persoalan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang rendah dapat diatasi. Beberapa penelitian terdahulu menjadi acuan peneliti untuk menggunakan aplikasi Google Meet dengan didukung penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 19, 2021
How to Cite
MUSTIKANINGRUM, Galih; WIDIYANTO, Widiyanto; MEDIANTI, Nani. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Google Meet. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4472-4485, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4092>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4092.