Stimulasi Perkembangan pada Anak Usia Prasekolah

  • Septriani Renteng Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Sam Ratulangi, Indonesia

Abstract

Peningkatan kualitas kesehatan pada anak merupakan upaya pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia yang produktif. Peningkatan kesehatan anak dengan perhatian optimal terhadap tahapan perkembangan khususnya masa keemasan anak yaitu usia prasekolah. Perkembangan  merupakan faktor penting di kehidupan anak usia prasekolah karena akan menentukan perkembangan anak diusia yang selanjutnya. Namun saat ini perkembangan anak belum menjadi prioritas utama orang tua dalam pengasuhan anak. Kondisi ini sangat berdampak terhadap pemberian stimulasi perkembangan pada anak usia prasekolah oleh orang tua. Upaya yang dapat dilakukan oleh perawat dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menjalankan peran sebagai pemberi layanan berupa stimulasi perkembangan. Tujuan penelitian ini mengambarkan tahapan perkembangan anak prasekolah setelah dilakukan stimulasi perkembangan. Metode yang digunakan dalam adalah studi kasus  kepada 118 anak usia prasekolah di lima TK di Kelurahan Curug. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan perkembangan pada anak usia prasekolah sebanyak 19% sehingga dapat disimpulkan dapat digunakan dalam meningkatkan perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2021
How to Cite
RENTENG, Septriani. Stimulasi Perkembangan pada Anak Usia Prasekolah. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1442-1451, mar. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2334>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2334.