Efektivitas Program Pelatihan Interview Kerja pada Karyawan Di Perusahaan Daerah Pasar Surya

  • Rachman Febrianto Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus Surabaya 1945 Surabaya, Indonesia
  • Dyan Evita Santi Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus Surabaya 1945 Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan yang bertugas untuk melakukan inteview kerja pada saat proses rekrutmen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan model one group design. Perlakuan dalam penelitian ini diberikan dalam bentuk pelatihan interview kerja yang menekankan pada teknik interview BEI. Pelatihan ini menggunakan metode experiential learning (ceramah, role play, diskusi), yaitu sebuah metode pelatihan yang membuat peserta belajar melalui pengalamannya. Subjek penelitian ini berjumlah 13 orang yaitu pegawai dibidang Sub Bagian Kepegawaian, Kepala Cabang dan Kepala Sub Bagian di lingkungan kantor pusat Perusahaan Daerah Pasar Surya Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan sangat signifikan antara pengetahuan tentang teknik inteview kerja sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan inteview kerja. Nilai rata-rata sebelum mengikuti pelatihan adalah 11, mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan menjadi 15,46 sehingga dapat disimpulkan pelatihan yang diberikan cukup efektif meningkatkan pengetahuan peserta tentang teknik inteview kerja. Adapun keterbatasan pada penelitian ini adalah tidak adanya kelompok kontrol yang menjadi pembanding untuk kelompok yang diberikan intervensi pelatihan interview kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2021
How to Cite
FEBRIANTO, Rachman; SANTI, Dyan Evita. Efektivitas Program Pelatihan Interview Kerja pada Karyawan Di Perusahaan Daerah Pasar Surya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1377-1387, mar. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2308>. Date accessed: 26 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2308.