Analisis Deiksis Persona, Waktu dan Tempat pada Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Mata Kuliah Bahasa Indonesia

  • Eka Rihan K STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi deiksis Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Mata Kuliah bahasa Indonesia di  STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data teknik simak. Teknik keabsahan data triangulasi sumber proses pembelajaran daring berupa interaksi antara dosen dan mahasiswa dalam Grup Whatsapp. Teknik analisis data model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. Hasil penelitian pembelajaran daring berupa deiksis persona, deiksis waktu dan deiksis tempat. Deiksis persona dominan lebih banyak menggunakan kata ganti saya, dia, kami, kita, mereka sebagai kata ganti orang pertama tunggal, ketiga tunggal, pertama jamak, dan ketiga jamak, dalam konteks pembelajaran daring, dan deiksis persona dominan lebih banyak muncul daripada deiksis tempat dan deiksis waktu. Fungsi dari deiksis persona, tempat dan waktu ini salah satunya yaitu untuk memperjelas keterangan rujukan deiksis persona, tempat dan waktu ketika penutur bertutur sesuai konteks situasi dan kondisi yang terjadi saat pembelajaran daring berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2021
How to Cite
K, Eka Rihan. Analisis Deiksis Persona, Waktu dan Tempat pada Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1168-1176, mar. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2299>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2299.